Selasa, 04 Januari 2011

skiripsi biologi

PENGARUH PEMBERIAN TUGAS SETIAP AKHIR PERTEMUAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
SISWA KELAS V  PADA SD INPRES
BUTTATIANANG I MAKASSAR













SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Sebahagian Syarat-syarat Ujian
Skripsi Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan
Jurusan MIPA  Program Studi Biologi




Oleh :

NAMA                      :  HJ. NURDALIAH

STAMBUK             : 





FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS VETERAN REPUBLIK INDONESIA
MAKASSAR
2004



 
 

PERSETUJUAN  PEMBIMBING

Telah diperiksa dan disetujui oleh pembimbing untuk diajukan kepada Panitia Ujian Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Republik Indonesia Makassar.

Judul                         :  Pengaruh Pemberian Tugas Setiap Akhir Pertemuan Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Pada Sd Inpres Buttatianang  I Makassar
Atas Nama              :  HJ. NURDALIAH
Stambuk                  : 
Program                   :  Strata Satu (S1)
Jurusan                     :  Biologi
Fakultas                   :  Keguruan dan Ilmu Pendidikan

                                                                                                                                       Makassar,      Maret  2004


Pembimbing  I                                                                       Pembimbing  II



Muh. Khalifah, S.Ag., M.Pd.                                             Drs. Ahmad Hasyim, M.Si.


Mengetahui
Ketua Jurusan MIPA
FKIP UVRI Makassar



Drs. H.M. Said Arman

KATA  PENGANTAR


بـسم اللـه الرحـمن الرحـيم
Syukur alhamdulillah, dengan segala puja dan puji penulis persembahkan hanya kepada Allah swt, karena dengan izin–Nya jualah sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan skripsi ini sebagai salah satu syarat dalam meraih kesarjanaan pada lembaga pendidikan tinggi, walaupun dengan apa adanya.
Salawat dan doa tak lupa terkirim kepada Nabi Muhammad saw., sebagai nabi pembawa risalah Islam dan membuka jalan menuju zaman yang terang benderang.
Dalam pelaksanaan pengumpulan bahan-bahan pustaka maupun dalam data-data di  lapangan sampai pada pengolahan data yang telah diperoleh, penulis menghadapi berbagai kendala, namun dengan kesabaran dan motivasi untuk menyelesaikannya, serta doa kepada Allah swt., alhamdulilah skripsi ini dapat penulis selesaikan.
Keberhasilan penulis dalam penyelesaian skripsi ini, tidak terlepas bantuan dan dukungan dari berbagai, baik moril maupun materil. Menyadari hal tersebut, maka penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :
1.         Kedua orang tua penulis, yang telah mangasuh dan mendidik penulis dengan penuh kasih sayang dan pengorbanan lahir bathin.
2.         Rektor UVRI Makassar, Dekan dan Pembantu Dekan FKIP UVRI Makassar, Ketua Jurusan MIPA, serta seluruh staf, atas segala bimbingan dan perhatiannya, baik selama penulis menjalani perkuliahan hingga berhasil menyelesaikan skripsi ini.
3.         Para pembimbing dalam penulisan skripsi ini, yang telah membimbing dalam penyelesaian penulisan skripsi ini. Keduanya telah berjasa mengarahkan dan membangkitkan semangat dan mendorong penulis dalam penyelesaian skripsi ini.
4.         Para bapak dan ibu Dosen serta segenap jajaran civitas akademika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)-UVRI Makassar, khususnya program Studi Biologi.
Kepada semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu yang telah memberikan bantuannya, penulis menyerahkan semuanya kepada Allah swt., semoga mendapat ganjaran yang setimpal di sisi-Nya. Amin.

                                                                                                                   Makassar,   Pebruari  2004


                           Penulis,









DAFTAR  ISI


HALAMAN JUDUL ............................................................................................................................................... i
PENGESAHAN  PEMBIMBING ........................................................................................................................ ii
KATA PENGANTAR ........................................................................................................................................... iii
DAFTAR ISI ........................................................................................................................................................... v
BAB          I.   PENDAHULUAN
                         A.     Latar Belakang Masalah................................................................................1                                        
                         B.     Rumusan Masalah......................................................................................... 3                        
                         C.     Tujuan Penelitian ...........................................................................................4                        
                         D.     Manfaat Penelitian.........................................................................................4        
                         E.      Hipotesis ........................................................................................................5        
BAB         II.   KAJIAN PUSTAKA
                         A.     Pengertian Metode Pemberian Tugas ....................................................... 6        
                         B.     Penerapan Metode Pemberian Tugas dalam Pengajaran IPA ................ 10                        
                         C.     Prestasi Belajar IPA .......................................................................................16                        
BAB       III.   METODE PENELITIAN
                         A.     Jenis Penelitian ..............................................................................................19                        
                         B.     Desain Penelitian ............................................................................................19                        
                         C.     Variabel dan Definisi Operasional ................................................................19                        
                         D.     Populasi  dan Sampel Penelitian.................................................................... 20
                         E.      Teknik Pengumpulan Data .............................................................................20
                         F.      Teknik Analisis Data .......................................................................................21                        


BAB       IV.   HASIL PENELITIAN  DAN PEMBAHASAN
                         A.     Hasil Penelitian .............................................................................................22                        
                         B.     Pembahasan Hasil Penelitian ......................................................................34                                                                           
BAB         V.   P E N U T U P
                         A.     Kesimpulan ....................................................................................................................... 38
                         B.     Saran-saran ....................................................................................................................... 38
DAFTAR  PUSTAKA ......................................................................................................................................... 40






























ABSTRAK

St. Hasnah  A.            :     Efektivitas Metode Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa SLTP Negeri 1 Pangkajene Kab. Pangkep


 


Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode pemberian tugas terhadap prestasi belajar IPA siswa SLTP Negeri 1 Pangkajene Kab. Pangkep. Dengan sampel penelitian adalah siswa kelas dua sebanyak 2 kelas. Data penelitian ini terkumpul dengan instrumen berupa test. Selanjutnya data diolah dan dianalisis dengan statistik deskriptif/statistik infrensial (uji-t). Hasil analisis menunjukkan dan memungkinkan penolakan hipotesis nol (H0). Ini berarti bahwa hipotesis alternatif yang diterima. Dengan kata lain penggunaan metode pemberian tugas efektif terhadap pencapaian prestasi belajar IPA siswa SLTP Negeri 1 Pangkajene Kab. Pangkep.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar